Honda Soekarno Hatta Pekanbaru Riau

Menu

Tips : Perawatan Kendaraan Pada Saat Musim Hujan

Sunday, September 10th 2017.

Tips: Perawatan Kendaraan Pada Saat Musim Hujan

Kaca utama mobil yang sudah kusam, seperti baret-baret ataupun ada tertempeli kerak, akan sangat mengganggu pandangan pengemudi. Apalagi jika hujan deras menerpa dan berkendara pada malam hari, pandangan akan makin terganggu karena titik-titik air bisa memperbanyak pantulan cahaya kendaraan yang datang dari arah berlawanan, di mana sinar lampu akan bias dan terpecah membuat penglihatan kita tidak fokus. Maka fatal akibatnya.

Nah, untuk mengganti kaca dengan yang baru sudah kebayang harganya, pasti menguras kocek banyak. Sebenarnya mudah menjaga penyebab kerusakan pada kaca utama mobil Anda. Pertama pastikan wiper bisa diandalkan untuk membersihkan kaca utama dari air hujan. Sebenarnya sangat sederhana, dengan memeriksa kondisi dan merawat wiper agar selalu dalam kondisi baik dan prima:

 

  1. Selalu mengecek apakah karet-karet wiper masih elastis. Apabila sudah mengeras dan tidak fleksibel berarti sudah saatnya diganti, karena akan mengurangi fungsinya sebagai penyapu air dengan sempurna. Karena akan berakibat kaca bisa tergores dan baret-baret. Sebagai contoh bila karet wiper yang sudah jelek umumnya akan meninggalkan embun pada saat kaca tersapu wiper.

karet wiper

 

  1. Dalam merawat karet wiper ada cara paling mudah. Apabila kita memarkir kendaraan di tempat terbuka dan langsung terkena sengatan terik sinar matahari, sebaiknya kita meluangkan waktu untuk sekedar merenggangkan dan menjauhkan karet wiper dari kaca. Karena bila karet terkena panas berlebih, dapat merusak karet karena memuai.

Alat penunjang batang wiper sebenarnya banyak di jual toko aksesoris, so pasti lebih mudah lagi tentunya dengan alat ini karet wiper aman dari panas yang terpantul di kaca.

motor wiper

 

  1. Begitu juga motor wiper yang harus selalu dicek kondisi gerak saat wiper begerak menyapu air, apakah terjadi sendatan-sendatan yang membuat wiper bergerak tidak sempurna, karena kejadian tersebut mempengaruhi pandangan kita bila hujan begitu deras.

Air Wiper

 

  1. Selanjutnya air wiper yang juga menentukan kesempurnaan kerja wiper, periksa tabung penyimpanan air wiper apakah selalu dalam kondisi batas normal. Air saja seringkali tidak cukup untuk membasuh kotoran yang menempel pada kaca depan dan sebaiknya tambahkan campuran pada air wiper yang banyak tersedia di pasaran.

Karena kotoran yang menempel pada kaca depan bisa debu, bangkai serangga, kotoran burung sampai getah pohon.

Merawat Cat Mobil Agar  Selalu Mengkilap

BRIO Brosur DAftar Mobil Honda Pekanbaru Bengkalis Siak Tembilahan Riau Harga PAket Simulasi Kredit Leasing Angsuran cicilan Price List Dealer

Mobil terkadang menjadi cerminan pribadi seseorang yang memilikinya serta mengidam-kannya. Mobil baru atau mobil yang kita beli dari seseorang yang memakainya sering terlihat tidak seperti mobil yang baru dibeli dari dealer mobil, tetapi mobil bekas tidak akan terlihat buruk jika kita bisa merawatnya dengan rajin, terutama perawatan untuk cat mobil tersebut.

Cat mobil baru akan berbeda dengan mobil bekas yang telah berumur lama, biasanya kita akan melakukan pengecatan ulang agar mobil tersebut terlihat indah. Tetapi kita tidak boleh hanya puas dengan cat yang baru, karena cat mobil baru pun akan terlihat jelek atau buram jika kita tidak merawatnya dengan baik.

Dalam merawatnya bisa kita lakukan dengan melakukan hal yang sering kita lakukan sehari – hari pada saat memakai mobil tersebut, seperti memperhatikan tempat kita memarkirkan mobil. Kita bisa mencari tempat parkir yang terlindung dari sengatan panas matahari yang bisa membuat cat mobil kita menjadi pudar. Atau jika kita pada saat malam hari kita bisa menutupinya agar tidak terkena embun.

Selain itu, pada saat mencuci mobil, kita juga perlu memperhatikan bahan yang dipakai untuk mencuci mobil, ini suatu cara yang sangat mudah dilakukan, karena kita bisa mencuci mobil di jasa pencucian mobil yang menggunakan shampoo khusus untuk mencuci mobil. dan usahakan selalu menggunakan Wax ( body protection ) setelah pencucian, ini membantu cat menjadi awet dan tahan terhadap jamur . Untuk kebersihan, kita bisa membersihkan langsung jika mobil kita terkena oli, minyak rem dan yang lainnya yang dapat merusak cat mobil. Untuk melakukan semua cara tersebut, pastikan pada saat melakukan pencucian harus benar – benar teliti.

Merawat Aki Mobil

aki mobil merawat BRIO Brosur DAftar Mobil Honda Pekanbaru Bengkalis Siak Tembilahan Riau Harga PAket Simulasi Kredit Leasing Angsuran cicilan Price List Dealer

Anda termasuk orang yang sangat mencintai mobil anda. Sehingga tidak pernah melupakan waktu untuk servis. Dengan harapan dengan adanya regular servis, kendala mobil mogok dijalan tidak terjadi. Tetapi siapa sangka, tiba-tiba anda tetap mengalami mobil mogok.Cek punya cek ternyata aki mobil anda tekor. Dan setelah ditelisik, ternyata air aki-nya jauh dibawah level. Hah…? Anda pasti akan terperangah…Perasaan kesal dan heran bercampur. Sudah rutin servis tetapi tetap mogok?? Ada hal penting yang terlewatkan di sini. Pihak bengkel anda tidak memasukkan pengecekan air aki dalam item yang harus di kerjakan.

Sehingga level air aki mobil anda tidak terkontrol TIPS :

  1. Saat servis pastikan anda sudah mengingatkan pihak bengkel untuk melakukan pengecekan aki
  2. Jangan pasrah mempercayakan semuanya pada pihak bengkel anda. Anda juga harus tetap melakukan pengecekan sendiri minimal setiap 2 mingu sebelum anda memanaskan mobil pada pagi hari.
  3. Tambahkan air aki ( botol biru ), apabila air aki kurang dari garis minimal, tetapi jangan melewati garis maksimal, sebelum memanaskan mobil.
  4. Bersihkan kerak putih dengan air panas dengan cara membersihkan dengan kuas yg telah disiram air panas.
  5. Apabila pada saat menghidupkan mesin pertama kali (biasanya pagi hari) ada gejala berat dan lemah…segera periksa kondisi aki anda pada toko aki yg mempunyai Battery Analyzer / Tester.

Merawat Cat, Kaca dan Interior Mobil

ALL NEW CIty Brosur DAftar Mobil Honda Brio Pekanbaru Bengkalis Siak Kuansing Riau Harga PAket Simulasi Kredit Leasing Angsuran cicilan Price List Dealer Showroom

Cat, kaca dan interior bakal kusam dan tak menrarik jika tak diirawat. Berikut, beberapa tips untuk merawat warna cat, kaca, dan interior mobil kesayangan anda :

 

  1. Mencuci mobil dengan benar, gunakan sampo wax dalam pencucian.

 

  1. Bila cat mobil anda terkena debu, jangan dilap dengan kain. Lebih baik dicuci, karena jika dilap dengan kain, akan menimbulkan swirlmark (sarang laba-laba) pada cat anda.

 

  1. Cat mobil lebih sering dikasih wax untuk melindungi dari sinar matahari yang panas, air hujan yang sifatnya asam.

 

  1. Untuk bagian kaca, gunakan cairan wiper supaya pada kaca mobil anda tidak mudah timbul jamur

 

  1. Untuk bagian jok mobil yang terbuat dari kulit/oscar, sebaiknya memakai cairan leather cleaner (conditioner) supaya tidak pecah/retak dan menjadikan interior lebih halus.

 

  1. Untuk bagian dasbord, gunakan cairan interor protection supaya dasbord tidak mudah kusam dan retak akibat sinar matahari

 

  1. Gunakan lap yang bersifat halus pada saat menggosok cairan pada permukaan cat mobil, kaca, jok dan dasbord.

 

  1. Gunakan parfum khusus untuk mobil sebagai pengharum ruangan mobil anda, supaya anda bisa nyaman pada saat dimobil. (dt/racr car wash)

Merawat Velg Mobil

civic ALL NEW CIty Brosur DAftar Mobil Honda Brio Pekanbaru Bengkalis Siak Kuansing Riau Harga PAket Simulasi Kredit Leasing Angsuran cicilan Price List Dealer

  1. Jangan mencuci velg saat mobil baru digunakan. Sebab, velg yang masih panas akan menimbulkan jamur jika langsung disiram air. Sebaiknya tunggu sampai dingin.

 

  1. Pastikan ruang dalam fender bersih (dibersihkan dulu) agar kotorannya tidak jatuh dan menempel ke velg.

 

  1. Setelah itu, baru giliran velg. Setelah disiram, gunakan sampo atau cairan khusus. Untuk yang berwana krom, pakai cairan khusus krom untuk menghindari risiko lapisan mengelupas.

 

  1. Untuk sudut yang sulit dijangkau, gunakan kuas atau sikat gigi. Jika masih terdapat noda membandel, maka sebaiknya bahasi dulu velg dan diamkan beberapa saat, baru kemudian dibersihkan.

 

  1. Jika terdapat “emas hitam” (aspal), maka noda ini biasanya tidak mempan jika dihilangkan hanya dengan sampo. Untuk itu, bisa pakai bensin atau minyak tanah. Selanjutnya, bersihkan velg dengan bantuan kompon agar bensin tidak meninggalkan noda.

 

  1. Yakin sudah bersih? Keringkan velg dengan lap chamois.

Membersihkan Ruang Mesin

mesin civic ALL NEW CIty Brosur DAftar Mobil Honda Brio Pekanbaru Bengkalis Siak Kuansing Riau Harga PAket Simulasi Kredit Angsuran cicilan Price List Dealer

Banyak orang yang lupa memperhatikan kondisi ruang mesin mobil mereka. Hal ini sangat disayangkan karena mesin adalah jantung dari mobil kita yang perlu diperhatikan kebersihannya. Kebersihan ruang mesin dapat mempengaruhi keawetan komponen-komponen di dalamnya. Adanya sisa oli di ruang mesin walau sedikit bisa membuat debu menempel yang kalau dibiarkan terlalu lama bisa merusak komponen seperti kabel-kabel, karet-karet, dan sil-sil. Debu yang terlalu banyak menempel juga membuat filter udara tidak awet karena debu selalu tersedot kedalamnya.

Kalau kondisi ruang mesin udah bener-bener parah dengan oli bercampur debu mau tidak mau kita harus membersihkan dengan metode ‘basah’, dengan kata lain menyemprot ruang mesin dengan air. Sebelum memulai, komponen vital yang rawan terhadap air harus ditutup, seperti ECU, koil, sekitar busi, dan terminal aki. Pastikan pula mesin dalam keadaan dingin, jangan menyemprot mesin dengan air jika mesin panas. Jika sudah, kita sempot dengan air, lebih baik menggunakan air yang tidak bertekanan. Setelah disemprot air, kita bersihkan menggunakan sampo mobil. Saya tidak menyarankan menggunakan sabun cuci/sabun colek karena kandungan deterjennya tidak ramah bagi cat mobil (saya tetap ingin cat mobil di ruang mesin mengkilap). Bersihkan bagian-bagian yang sulit dijangkau menggunakan kuas atau sikat gigi. Setelah dibilas, segera keringkan menggunakan lap chamois dan microfibre. Akan lebih baik jika kita semprot menggunakan angin bertekanan. Kemudian nyalakan mesin, panas mesin akan mengeringkan bagian-bagian yang sulit dilap sehingga mengurangi potensi munculnya karat. Matikan mesin setelah mesin panas dan sisa-sisa air mengering.

Jika setelah dicuci tetap ada bekas-bekas oli, kita dapat membersihkan bekas-bekas oli tersebut menggunakan All Purpose Cleaner. Banyak merek yang tersedia di pasaran seperti 3M, dsb. Selain All Purpose Cleaner adalah menggunakan carburator cleaner. Carburator cleaner sangat efektif merontokkan sisa-sisa oli.

Jika ruang mesin sudah bersih dari bekas-bekas oli, saatnya mengkilapkan. Saya menyarankan untuk menggunakan Interior Engine Dressing atau pembersih vinyl/interior digunakan untuk mengkilapkan bagian-bagian yang terbuat dari plastik dan karet.

Jika sudah bersih harus selalu dirawat. Perawatan sebaiknya dilakukan setiap habis menggunakan mobil, sama frekuensinya seperti kita ngelap atau nyuci mobil kita, ruang mesin harus selalu dicek kebersihannya. Tapi untuk sehari-hari tidak perlu metode ‘basah’. Cukup bagian yang berdebu dibersihkan dengan kuas sambil divakum menggunakan vacum cleaner. Mungkin cara ini dianggap aneh, tapi cara ini sangat efektif membersihkan debu di ruang mesin (yang bebas dari bekas-bekas oli). Jika bagian karet/plastik sudah tidak mengkilap, ulangi kembali proses pengkilapan menggunakan engine detailer atau pembersih vinyl/dasbor.

Jika ruang mesin selalu bersih, pasti komponen-komponen di dalam ruang mesin akan awet, dan jika mobil akan dijual, ruang mesin yang bersih akan menambah nilai mobil itu.

Hal Dasar Perawatan Mobil Honda

Service Mobil Honda DAftar Harga PAket Simulasi Kredit Leasing Angsuran cicilan bunga ringan Dealer Showroom Mobil Honda Brio Pekanbaru Bengkalis Siak Riau

Perawatan Mobil untuk menjaga keawetan mobil baik pada musim hujan ini sangat dibutuhkan. Musin hujan merupakan musim dimana mobil cepat rusak. Air hujan mengandung garam yang dapat merusak permukaan cat mobil, bila didiamkan terlalu lama takutnya dapat membuat permukaan mobil berkarat dan kusam. Untuk mencegahnya , berikut tips perawatan mobil yang bisa digunakan:

 

 

Cek bagian saringan, saluran, tangki bahan bakar untuk memastikan tidak ada kebocoran atau lubang yang menjadi jalan masuk bagi air agar bahan bakar tidak tercampur dengan air.

Selain tempat bahan bakar, cek juga bagian penutup sistem elektrik. Pastikan air tidak akan masuk karena air yang masuk akan membuat mobil mogok karena alus pendek.

Pada saat mobil kena hujan, jangan tunggu air di permukaan mobil kering untuk dicuci. Gunakan sabun mobil berbusa dan spon halus saat pencucian mobil. Ini bagian penting dalam perawatan mobil.

Semprokan Silicone Spray secara berkala pada komponen mobil yang terbuat dari karet dan kaca. Hal ini untuk menjaga kelenturan dan memperkuanya.

Gunakan Contact Cleaner dalam proses perawatan mobil Anda. Gunakan ini pada bagian mobil yang menggunakan sistem elektrik untuk mengantisipasi masuknya air dari hujan atau genangan air.

Secara berkala aplikasikan pelumas untuk bagian engsel pintu mobil agar tidak berkarat.

Letakan mobil di bagasi atau tempat parkir tertutup (mobil udah harus dalam keadaan kering) agar tidak kena hujan lagi setelah dicuci maupun sebelum kena hujan.

Lapisilah lantai di dalam mobil dengan koran agar saat hujan, Anda dapat masuk tanpa membasahi lantai. Ini akan membantu mencegah tumbuhnya jamur di dalam mobil.

Semoga 8 cara ini berguna saat Anda melakukan perawatan mobil. 8 cara perawatan mobil ini bisa dipraktekan walaupun tidak hujan. 8 cara ini pun bisa dilakukan untuk perawatan kendaraan lainnya selain mobil.

Tips Merawat Mobil Matic

Mengendarai mobil matic di jalanan yang macet memang lebih nyaman dibanding mobil manual. Ya, kita tahu hampir setiap hari semua jalanan macet terutama bagi anda yang tinggal di ibu kota.

Karena itu saat ini mobil matic lebih banyak di minati oleh kalangan pengendara. Namun di balik kenyamanan tersebut, ternyata mobil matic membutuhkan perawatan yang khusus dibanding mobil manual. Anda tentu harus mengetahui bagaimana cara merawat mobil matic secara baik dan benar.

Nah di bawah ini akan dijelaskan beberapa tips cara merawat mobil matic yang mungkin bisa membantu anda.

 

–  Perhatikan Automatic Transmision Fluid. Mobil matic membutuhkan perawatan khsusus terutama pada gear box. Dalam gear box mobil matic, terdapat automatic transmission fluid yang berfungsi melumasi gearbox. Anda harus melakukan perawat rutin pada gear box agar tidak terjadi penurunan viskositas kekentalan.

 

– Proses pembakaran. Tidak adanya proses pembakaran pada transmisi matic mengakibatkan penurunan viskoritas fluida dikarenakan kontaminasi masa pakai. Hal ini memang sulit dihindari. Setiap friksi pasti menghasilkan muatan yang menyebabkan kontaminasi. Untuk memperkecil risiko hal tersebut, menyetirlah dengan stabil dan periksakan langsung ke bengkel secara rutin.

– Periksa Slip Kopling. Kerusakan transmisi pada mobil matic dapat dirasakan langsung pada slip kopling. Hal ini bisa menyebabkan ketidakseimbangan pada laju mobil saat kecepatan tinggi. Periksalah slip kopling secara rutin agar mobil matic anda terhindar dari laju yang tidak seimbang.

 

– Periksa perseneling. Memeriksa perseneling secara berkala berfungsi menghindari laju tidak halus pada mobil. Mobil yang masih dalam kondisi baik akan langsung berjalan jika dilepas rem dengan posisi perseneling D dan R. Jika mobil tidak langsung bergerak, anda wajib mewaspadai dan membawa mobil ke bengkel untuk diperiksa.

 

– Posisi tuas. Jika mobil belum benar-benar berhenti, jangan memasukan tuas pada posisi P. Dan ketika mobil anda sedang di parkir, jangan biarkan tuas pada posisi D agar plat kopling tidak cepat rusak.

sumber : www. hondaindramayu. com

Mobil Terbaru

Best Seller
Best Seller
Promo
Best Seller

Related Article Tips : Perawatan Kendaraan Pada Saat Musim Hujan

Sunday 29 September 2019 | Price List

Daftar Harga Mobil Honda Pekanbaru Oktober 2019 Terimakasih Sudah berkunjung di website kami mobilhondapekanbaru.com , situs penyedia informasi harga mobil honda paling lengkap di Riau.…

Monday 9 October 2017 | Price List

Harga Kredit Honda Civic Hatchback Pekanbaru Oktober 2017 Harga di bawah ini belum termasuk DISKON SPESIAL yang hanya Anda dapatkan jika berjumpa langsung dengan kami…

Saturday 15 February 2020 | Brosur Harga, Daftar Harga, Price List

Promo Mobil Honda Brio Pekanbaru Promo Mobil Honda Pekanbaru, Kredit Mobil Honda Pekanbaru, Harga Honda Mobilio Pekanbaru, Harga Mobil Honda Pekanbaru 2020   Selamat Datang…